Penyebab dan ciri-ciri kangker kulit melanoma dan cara mengobati nya | Informasi bermanfaat

Penyebab dan ciri-ciri kangker kulit melanoma dan cara mengobati nya

Hati-hati dengan tahi lalatMungkin saja ini bahaya kenali jenis tahi lalat yang berbahaya bisa jadi ini kangker kulit melanoma .
kangker kulit , penyebab kangker kulit , obat kangker kulit

Apa itu melanoma

melanoma merupakan jenis kanker pada kulit yang paling berbahaya dan juga ganas. Biasa menyerang kaki, permukaan leher juga punggung. Gejala yang tampak adalah adanya benjolan yang tampak seperti tahi lalat dan semakin lama semakin membesar dengan cepat dan akan mengeluarkan darah.

Tanda-tanda tahi lalat yang berubah menjadi ganas (melanoma maligna), yaitu bila muncul rasa gatal atau nyeri, perubahan warna menjadi lebih gelap, ukurannya membesar, melebar tidak teratur, permukaan menjadi tidak rata, sering diganggu (dikorek atau digaruk), gampang berdarah, menjadi luka dan koreng yang tidak sembuh-sembuh.

Tahi lalat yang masuk dalam kategori berbahaya yaitu jika ukurannya terus membesar hingga memiliki diameter lebih dari 6 milimeter. Masalah tahi lalat bukan hanya masalah di permukaan kulit, tapi masalah di dalam lapisan bawah kulit, sehingga jarang sekali tahi lalat dapat ditangani dengan pengobatan tradisional. Tahi lalat yang berisiko kanker harus ditangani segera sebelum mengalami metastatis atau penyebaran ke bagian tubuh lainnya.

Itulah mengapa sangat penting untuk mendeteksi perubahan tahi lalat menjadi melanoma sejak awal, ketika angka kesembuhan dengan operasi hampir 100%. Melanoma dapat muncul di manapun pada tubuh, namun paling sering ditemukan di punggung, pantat, kaki, kulit kepala, leher, dan di belakang telinga.

Tahi Lalat Membesar tanda Melanoma

Melanoma adalah sebuah kanker kulit yang paling serius, penyebab melanoma karena terkontak langsung dengan sinar ultra violet dan juga karena faktor ginetik. Kanker kulit ini disebabkan karena pigmen kulit mengalami pembelahan sel secara cepat dan kadar melanin yang rendah menjadi berlebih, pada orang berkulit putih misalnya. Karena orang berkulit putih memiliki kadan melanin yang rendah.

Ciri-ciri melanoma adalah bentuk yang tidak beraturan, batas yang tidak beraturan yang merupakan karakteristik dari melanoma, perubahan warna pada tahi lalat, dan diameter lebih besar dari 6 milimeter. Selain itu, pada tahi lalat melanoma dapat muncul tanda dan gejala baru, seperti rasa gatal atau pendarahan. Bila terjadi perubahan pada tahi lalat Anda seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter.

Pencegahan Kanker Kulit Melanoma

Anda bisa menurunkan risiko terkena melanoma dengan menghindarkan kulit agar tidak terkena paparan langsung sinar ultraviolet, baik yang alami maupun buatan, meski kemunculan melanoma tidak selalu bisa dicegah. Salah satu pencegahan melanoma yang mudah dilakukan adalah gunakan tabir surya dan kenakan pakaian yang lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak.

Untuk meningkatkan keberhasilan penanganan dan agar bisa mendapatkan diagnosis sejak awal, Anda disarankan untuk memeriksa tahi lalat dan bintik-bintik secara teratur.

Cara Pengobatan kangker kulit Mengobati kanker kulit melanoma sesuai stadiumnya

Cara pengobatan kanker kulit melanoma yang sesuai dengan stadiumnya ini memang sengaja di lakukan oleh para medis, guna untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar sel kanker yang telah menyebar ke dalam kulit dan juga pada oragan tubuh lainnya. Berikut ini akan di jelskan urutan dari kanker kulit melanoma dan cara mengobatinya.
Stadium 0
Melanoma masih di permukaan kulit, dan terkadang para medis belum melakukan pengobatan yang serius, mungkin hanya memberikan obat anti kanker.

Stadium 1

Ketebalan melanoma kurang dari 1 mm, untuk mengobatai kanker kulit melanoma stadium 1 ini, biasanya para medis selalu melakukan operasi atau pembedahan kecil untuk mengangkat sel-sel kanker melanoma dan juga mengambil sebagian kecil pada area sekitarnya.

Karena biasanya operasi pada kulit selalu memberikan bekas luka yang mencolok, maka dari itu dokter banyak yang menyarankan untuk memilih operasi gabungan untuk mencangkokkan kulit. Dan disini berarti pencangkokan kulit akan mengambil bagian kulit lainnya seperti kulit pada bagian paha untuk di tempel pada area kulit yang di operasi.

Stadium 2 dan 3

Mungkin pada stadium 2 dan 3 sudah di katakan bahwa masuk dalam stadium lanjut, pada umumnya kanker kulit melanoma yang masuk pada stadium 2 dan 3 berarti kanker telah menyebar ke beberpa nggota tubuh, dan tindakan yang di lakukan untuk mengobati kanker kulit ini adalah:

1. Kemoterapi



Secara umum kemoterai yang di lakukan pada penderita kanker kulit itu bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan gejal kanker kulit melanoma yang masuk pada stadium lanjut. Selain itu penggunaan kemoterapi juga berguna untuk membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.
Bagi pasien kanker kulit melanoma yang melakukan pengobatan kemoterapi tidak dianjurkan untuk menginap di rumah sakait, pasien bisa pulang dan di rawat di rumah sakit karena kemoterapi yang di berikan pada pasien kanker melanoma satu kali dalam 3 atau juga sampai 4 minggu. Jeda waktu yang lama untuk pengobatan kemoterapi pada pasien kanker ini bertujuan untuk tubuh di berikan waktu pulih.
Adapun efek samping yang dirasakan dari kemoterapi adalah sariawan, diare, mual, muntah, mudah lelah, dan juga terjadi beberapa infeksi. Tapi semua bisa di cegah dengan obat-obatan dari resep dokter.

2. Imunoterapi



Selain kemoterapi, ada satu tidakan ntuk mengobatai kanker melanoma pada stadium lanjut yaitu imunoterapi. Sama dengan kemoterapi imunoterapi juga menggunakan obat-obatan untuk pasien kanker, namun obat-obatan yang di gunakan oleh imunoterapi ini menggunakan unsur-unsur yang sudaha da d da,am darah.
Imunoterapi ini bertujuan untuk menambah kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan sel kanker melanoma. Obat-obatan imunoterapi akan di masukkan pada pembuluh darah maupun pada gumpalan melanoma. Dan efek samping yang di timbulkan adalah flu, mudah lelah, nyeri persendian, dan juga demam tinggi.

itulah ulasan mengenai penyakit kangker melanoma , lakukan pencegahan dan tindakan sebelum semuanya terjadi 
silahkan share ke teman anda bila artikel ini bermanfaat
terima kasih

Penyebab dan ciri-ciri kangker kulit melanoma dan cara mengobati nya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top