Cara mengobati sakit tenggorokan yang sudah berminggu-minggu dengan cepat | Informasi bermanfaat

Cara mengobati sakit tenggorokan yang sudah berminggu-minggu dengan cepat

Apakah anda mengalami masalah pada tenggorokan anda ? Yuk kita kenali bahaya dan tidaknya sakit tenggorokan yang sudah lama namun belum sembuh juga..
Cara mengobati sakit tenggorokan, pecegahan sakit tenggorokan, obat alami untuk sakit tenggorokan
Sumber:uraiansehat.com

 Sakit tenggorokan sudah berminggu-minggu namun tak kunjung sembuh meski sudah minum obat? Hati-hati, Anda mungkin mengalami radang tenggorok kronis.
dr Syahrial M Hutauruk, SpTHT-KL(K), Ketua Divisi Laring Faring, Departemen Telinga, Hidung dan Tenggorok, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan radang tenggorok kronis mengacu pada kondisi penyakit yang sudah terjadi lama, sering kambuh dan tak bisa diobati dengan pengobatan standar.
"Beda dengan radang tenggorok akut yang terjadi secara cepat dan gejalanya langsung tampak serta lebih mudah diobati. Kalau radang tenggorok kronis itu gejalanya belum tentu muncul dan penyakitnya sudah berlangsung lama. Jadi kronis dan akut bukan soal keparahan ya, tapi lama terserang penyakitnya," tutur dr Syahrial dalam temu media Betadine Obat Kumur di Blue Jasmine Restaurant, Jl Kyai Maja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2016).

Dijelaskan dr Syahrial, radang tenggorok akut biasanya disebabkan oleh virus, alergi atau iritasi. Gejala umumnya adalah tenggorok yang berwarna merah pekat, nyeri saat menelan hingga suara serak. Meski gejalanya berat, radang tenggorok akut biasanya lebih mudah diobati dan cepat hilang. 

Di sisi lain, radang tenggorok kronis memiliki gejala yang lebih ringan. Penyebabnya biasanya adalah bakteri dan pengobatannya menggunakan antibiotik. Radang tenggorok kronis sulit diobati hingga tuntas sehingga berpotensi kambuh dalam beberapa waktu ke depan.

"Jadi kalau akut misalnya dengan berobat 5-7 hari saja sudah sembuh. Sementara kalau kronis pengobatannya bisa berbulan-bulan," ungkapnya lagi.

Lalu, bagaimana kita bisa membedakan terserang radang tenggorok akut atau kronis? dr Syahrial mengatakan cara mudahnya adalah melihat berapa lama radang tenggorok terjadi. Jika hilang dalam waktu kurang lebih satu minggu, bisa dikatakan radang tenggorok akut.

"Tapi kalau nyeri berulang, dalam artian hilang muncul nyerinya, atau pembesaran amandel, sudah berobat tidak sembuh, bisa jadi radang tenggorok kronis. Nanti biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang dengan swab tenggorok dan tes darah untuk melihat apa penyebab pasti sakitnya," tutup dr Syahrial.


Cara Mengurangi Gejala


Meski dapat sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala:
  • Hindari merokok. Juga hindari lingkungan penuh asap.
  • Remaja dan orang dewasa dapat mengisap permen pereda tenggorokan.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi radang tenggorokan.
  • Minum cukup air, terutama jika Anda sedang demam.

Saat yang Tepat untuk Menemui Dokter

Umumnya sakit tenggorokan akan sembuh dalam beberapa hari tanpa konsumsi obat-obatan. Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas di Apotek seperti ibuprofen danparasetamol, tapi sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter jika mengalami gejala, seperti sakit tenggorokan yang tidak membaik setelah satu minggu yang disertai demam di atas 38°C. Demam yang menyertai sakit tenggorokan sebaiknya segera diperiksakan untuk mendeteksi kondisi-kondisi lebih serius, seperti:
  • Abses peritonsiler atau quinsy, yaitu pembengkakan bernanah antara langit-langit tenggorokan dan bagian belakang tonsil.
  • Epiglottitis, yaitu peradangan lipatan jaringan di belakang tenggorokan, di bawah lidah (epiglotis) yang bisa menghambat pernapasan jika tidak ditangani dengan baik.
  • Infeksi mononukleosis, yaitu infeksi virus Epstein Barr yang ditandai dengan pembesaran kelenjar getah bening, demam, dan sakit tenggorokan.

Ada banyak obat alami sakit tenggorokan yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita. Banyak diantaranya yang mungkin saat ini sudah Anda punya di rumah, seperti madu, jeruk lemon, ataupun garam. Mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan ini sama baiknya dengan menggunakan obat modern, kecuali jika sakit tenggorokan yang diderita merupakan komplikasi berat. Obat alami ini akan mampu meredakan sakit tenggorokan Anda perlahan-lahan hingga sembuh total tanpa perlu khawatir efek sampingnya, baik jangka pendek ataupun jangka panjang, terutama pada kesehatan liver dan ginjal.
Penyebab sakit tenggorokan sangatlah bermacam-macam. Kebanyakan diantaranya disebabkan oleh penyakit infeksi kuman ataupun alergi. Infeksi kuman pada tenggorokan yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh virus, sehingga tidak dibutuhkan antibiotik untuk melawan penyakit ini, melainkan cukup dengan obat alami sakit tenggorokan saja (antibiotik hanya untuk melawan bakteri).

Daftar Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Dapat Anda Coba

Sakit tenggorokan rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. Kadang penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun. Untungnya kebanyakan sakit tenggorokan tidak membutuhkan pengobatan yang serius, sehingga obat alami dapat dijadikan alternatif. Daftar obat alami sakit tenggorokan di bawah ini ditujukan untuk menghilangkan gejala sakit tenggorokan, namun ada pula yang membantu tubuh melawan infeksi kuman.
  • Jeruk Lemon
Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Cara pemanfaatannya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi dan membantu membunuh kuman-kuman di tenggorokan. Selain itu juga ampuh menghilangkan lendir pada tenggorokan sama seperti jeruk nipis, yang mana biasanya tenggorokan akan segera terasa lega begitu dahak dapat dikeluarkan.
Itulah penjelasan mengenai sakit tenggorokan da n car mengobati nya semoga bisa menambah wawasan anda
Terima kasih.

Cara mengobati sakit tenggorokan yang sudah berminggu-minggu dengan cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top