Penyebab dan ciri penuaan dini pada wajah di umur 19 tahun | Informasi bermanfaat

Penyebab dan ciri penuaan dini pada wajah di umur 19 tahun

Hati-hati dan kenali ciri penuaan dini pada wajah di usia muda

tips mengobati penuaan dini, penuaan dini umur 19 tahun, ciri penuaan dini, penyakit penuaan dini, penuaan dini pdf, makanan penyebab penuaan dini, penuaan adalah, tomat cegah penuaan dini
Penuaan dini adalah kondisi kulit wajah menjadi lebih tua dari usia Yang semestinya, kondisi ini pasti akan di alami oleh setiap orang terutama pada remaja .

Penuaan dini biasanya ditandai dengan munculnya kerutan diatau garis halus disekitar mata. Tanda-tanda tersebut akan membuat kulit anda menjadi kendur dan terlihat tua. Tentu anda tidak maukan terjadi pada kulit anda. Orang yang sudah berusia diatas 30 tahun saja selalu berusaha menjaga kulitnya agar selalu terlihat awet muda, bagaimana dengan anda yang masih berusia muda, tentu tak mau jika anda mengalami tanda penuaan dini

Sebagai lapisan terluar dari tubuh, kulit memiliki banyak peranan penting sebagai pelindung. Dalam upaya melakukan perlindungan inilah, kulit akan mengalami berbagai macam proses, seperti halnya pelepasan lapisan sel kulit ari yang telah mati serta membentuk lapisan tanduk yang terjadi secara terus-menerus. Selain itu kulit juga berperan untuk memberikan kenyamanan pada tubuh dengan mengatur suhu tubuh dan melindungi dari bahaya sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari.
Berbicara mengenai penuaan dini, tidak terlepas dari peranan kelenjar palit yang memproduksi sebum atau minyak yang sangat berguna bagi kelembaban kulit. Pada bagian kelenjar palit terdapat gelembung kecil berujung pada folikel yang bertugas mengeluarkan lemak serta memberi minyak pada lapisan kulit

ada beberapa faktor dan penyebab penuaan dini yang harus anda ketahui


Faktor Internal :
1. Keturunan
Kulit kering dan bersisik dapat dialami seseorang sebagai bagian dari keturunannya. Dengan demikian faktor genetik dan hormonal tidak terpisahkan pada kategori tersebut. Untuk mengatasinya diperlukan terapi serta perawatan kulit dan wajah secara intensif. Beberapa vitamin dan asupan makanan yang mengandung vitamin C dan zat nutrisi lainnya dapat membantu mengurangi penuaan dini akibat faktor keturunan tersebut.

2. Kesehatan dan daya tahan tubuh
Seseorang dapat terlihat lebih tua dengan banyak keriput di wajahnya bisa jadi karena daya tahan tubuh yang sedang terganggu. Tak dapat dihindarkan bahwa hal ini merupakan sebuah dampak buruk dari kondisi kesehatan yang kurang baik. Pencegahan pada satu penyakit dan pengobatan secara tepat akan mengembalikan kondisi tubuh sekaligus kekencangan kulit. Relaksasi merupakan salah satu cara mudah untuk mengembalikan kondisi kulit setelah mengalami sakit.

3. Kondisi kejiwaan akibat stress
Stress juga dapat menjadi salah satu faktor dominan seseorang mengalami penuaan dini. Beban kerja maupun masalah yang menumpuk akan mempngaruhi perasaan dan terbawa suasana yang tidak menyenangkan. Hal ini akan berakibat negatif terhadap air muka dan penampilan terlihat lelah, kusam dan tidak semangat. Solusinya cukup anda berserah diri pada Tuhan. Yakinilah bahwa segala permasalahan pasti akan ada solusinya. Gunakan untuk beribadah dan terapi yoga supaya lebih tenang dan tampak lebih awet muda.

Penyebab penuaan dini

1. Sinar matahari
Sinar matahari memang baik untuk kesehatan dan kecantikna kulit, namun sianr matahari yang berlebihan dapat merusak kulit. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kering hingga akhirnya muncul kerutan juga garis halus dikulit yang merupakan tanda penuaan dini. Sinar matahari yang paling bahaya yaitu kekita jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Baiknya anda hindari keluar rumah pada jam tersebut, jika memang terpaksa anda gunakan pelindung seperti tabir surya, baju tertutup dan lain sebagainya.

2. Polusi udara
Polusi udara atau kondisi udara yang buruk juga akan membuat kulit menjadi tidak sehat. Kulit akan menjadi menua jika anda sering berada ditempat dengan polusi udara yang buruk. Asap kendaraan, asap pabrik dan lain sebagainya akan membuat kulit menjadi tidak sehat, nah baiknya anda sering menggunakan pembersih wajah sehabis berpergian adar asap atau debu yang menempel bisa langsung dihilangkan.

3. Radikal bebas
Radikal bebas merupakan efek dari polusi udara, seperti yang telah kami jelaskan dipoin sebelumnya. Radikal bebas akan membuat kulit kering dan mengganggu pertumbuhan kolagen. Untuk mencegah hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

4. Kelembaban udara
Kelembaban udara yang tidak stabil juga mempengaruhi kulit kita. Negara kita yang memiliki iklim tropis tentunya memiliki kelembaban udara yang tidak stabil dan hal ini menyebabkan kulit menjadi cepat menua. Oleh sebab itu anda harus melindungi kulit anda dengan baik.

5. Merokok
Kita semua tahu jika merokok tidak baik untuk kesehatan. Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit serius seperti serangan jantung dan kanker paru-paru. Selain itu rokok juga menjadi penyebab penuaan dini. Nikotin yang terdapat pada rokok akan membuat sel kulit kekurangan cairan hingga ahirnya kulit menjadi kering dan kehilangan elasitasnya. Meroko juga mengganggu peredaran darah sehingga membuat kulit menjadi pucat dan sel kulit banyak yang mati, sehingga kulit akan nampak lebih tua.

6. Minuman BerAlkohol
Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan. Alkohol dapat menyebabkan obesitas, seranga jantung hingga stroke. Alkohol juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan minum alkohol akan menyebabkan penurunan kondisi kulit. Orang yang kecanduan alkohol juga akan memiliki pola makan yang buruk dan hal ini juga akan mempengaruhi nutrisi pada kulit. Kebiasaan minum alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan menua.

Nutrisi yang buruk juga menyebabkan kondisi kulit yang buruk. Nutrisi yang seimbang akan membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput. Setiap hari kulit membutuhkan sel-sel baru untuk melawan sinar matahari, polusi ataupun radikal bebas. Oleh sebab itu nutrisi sangat penting untuk kulit.

8. Kurang tidur atau sering begadang
Bisa anda lihat orang yang sering begadang atau mereka yang kurang istirahat. Mereka memiliki kulit yang nampak tua dari usia mereka. Hal ini dikarenakan begadang atau kurang tidur dapat menyebabkan penuaan.  Orang yang begadang akan mengakibatkan regenerasi kulit terganggu, oleh sebab itu usahakan tidur secara teratur sesuai dengan jadwal yaitu 8 jam dalam semalam.

9. Ruangan ber AC
Bagi anda yang selalu berada diruangan ber-AC harus melakukan perawatan ekstra pada kulit anda. Hal ini dikarenakan AC juga berpengaruh buruk pada kecantikan kulit. Untuk mencegah hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

10. Stress
Beban pikiran yang berat seperti stres juga akan berdampak buruk pada kecantikan kulit kita. Jika anda mengalami stres baiknya anda istirahat dan berlibur, jangan terlalu memaksakan, selain tidak baik untuk kesehatan, stres juga tidak baik untuk kecantikan kulit. Kulit akan cepat menua jika anda sering mengalami stres.

11. Kopi
Nah bagi anda penggemar kopi, baiknya anda kurangi. Hal ini dikarenakan kafein yang terdapat pada kopi berpengaruh buruk pada kecantikan kulit. Kafein akan membuat kulit dhidrasi dan kekurangan cairan, akibatnya kulit akan kering dan cepat keriput

12. Makanan
Ada banyak makanan yang tidak baik untuk kulit seperti makanan manis, makana asin dan makanan yang tak sehat lainnya. Hindarilah makanan-makanan yang tidak sehat.

Tips mencegah dan mengatasi penuaan dini

Selalu menggunakan tabir surya/sun block/sun cream sedini mungkin dengan SPF (Sun Protecting Factor) 15 yang mengandung titanium dioksida dan avobenzena untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengakibatkan kelainan warna kulit, kerutan dan kulit menjadi kendur.

1.    Lakukan perawatan secara teratur, meliputi penggunaan scrub atau peeling (untuk menghilangkan sel-sel kulit mati), memperbaiki sirkulasi darah/getah bening di kulit dengan massage, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan kulit dan berfungsi sebagai antioksidan.

2.   Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah segar berwarna sebagai sumber nutrisi dan antioksidan untuk menjaga kecantikan kulit. Hindari junk food atau produk olahan.

3.   Mengkonsumsi produk dari bahan kacang kedelai (tahu, tempe, susu kacang kedelai), kurma dan minum teh yang berasal dari biji adas sebagai sumber estrogen alami.

4.   Minum air putih paling sedikit 2,5 liter perhari untuk menjaga kelembaban kulit dan kurangi konsumsi kopi dan soft drink.

5.   Minum teh hijau minimal 2 cangkir sehari, karena mengandung antioksidan yang lebih paten.

6.   Mengkonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin A (betakarotin), vitamin C, vitamin E, vitamin B-kompleks dan beberapa mineral seperti selenium seng.

7.   Lakukan olah raga yang dapat menggerakkan sebagian otot di tubuh seperti jalan cepat, jogging, senam aerobik, berenang minimal 3 kali seminggu. Hal ini dapat melancarkan aliran darah/getah bening, sehingga asupan nutrisi dan oksigen pada sel-sel lebih baik serta mempercepat pembentukan  sel-sel kulit yang baru.

Itulah informasi seputar kesehatan dan ciri penuaan dini yang harus di waspadai , pasti anda tidak ingin kan terlihat tua walau umur anda masih muda maka lakukanlah pengecekan kesehatan dan kecantikan kulit anda .

Penyebab dan ciri penuaan dini pada wajah di umur 19 tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top