WASPADA !!!! warna pudar dan tidak fokus pada penglihatan anda | Informasi bermanfaat

WASPADA !!!! warna pudar dan tidak fokus pada penglihatan anda

Yuk kenali gejala pada penglihatan kita


Mata merupakan indra yang membantu melihat , apa jadi nya bila mata kita kurang baik penglihatanya
Saat melihat sesuatu, penglihatan seringkali tak fokus dan warna-warnanya mulai terlihat pudar? Bisa jadi ini karena diabetik makular edema. Kondisi ini menyerang mereka yang juga mengidap diabetes.

Ya, disampaikan oleh dr Rumita S. Kadarisman, SpM, bahwa salah satu komplikasi yang muncul dari diabetes adalah retinopati diabetik. Kondisi ini terjadi akibat tingginya tingkat tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Nah, komplikasi umum dari diabetik retinopati salah satunya diabetik makular edema atau DME.

DME terjadi ketika ada kebocoran cairan ke pusat makula, yang merupakan bagian peka cahaya dari retina dan bertanggungjawab untuk ketajaman penglihatan langsung. Jika tak diobati dengan tepat, kebocoran cairan di makula bisa menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah dan kebutaan.



Gangguan Mata 

Masalah dengan fokus (kelainan refraksi) adalah gangguan mata yang paling umum. Ini terjadi ketika citra apa yang Anda cari di tidak fokus tepat di belakang mata (retina) dan tampak kabur. Jenis utama dari kelainan refraksi adalah miopia (rabun jauh), hiperopia atau hipermetropia (rabun dekat), Silindris dan presbiop (ketidakmampuan untuk fokus pada objek dekat).
Kesalahan bias terjadi ketika ada ketidakcocokan antara panjang mata dan kekuatan optik. Ketidaksesuaian ini biasanya berasal selama masa kanak-kanak dan diperkirakan akan dipengaruhi oleh pengaruh keturunan dan lingkungan.

Selain itu, dokter yang praktik di RS Mata AINI Jakarta ini juga menjelaskan bahwa kondisi ini seringkali membuat penglihatan seseorang menjadi menurun, buram, tidak fokus dan sensitivitas warna berkurang.

"Kalau parah, di dalam lapangan penglihatannya juga bisa ada bercak-bercak gelap bertebaran begitu. Bisa juga muncul ada garis lurus yang tampak bengkok atau melengkung," imbuhnya saat ditemui dalam acara diskusi media 'Diabetik Makular Edema: Si Pencuri Penglihatan dan Beban Hidup' di Hotel The Hermitage, Jakarta, Kamis (20/10/2016).


Ditemui dalam acara yang sama, dr Elvioza, SpM dari RS Jakarta Eye Center juga menuturkan bahwa DME adalah penyebab utama hilangnya penglihatan pada pasien diabetes, serta penyebab utama kebutaan pada populasi usia produktif di negara-negara maju. "Bagaimana tidak, gangguan ini dapat mengganggu aktivitas harian pasien kan," tuturnya.

Untuk mempertahankan dan memperbaiki kualitas penglihatan, sangat penting bagi pasien DME untuk segera diberikan pengobatan yang tepat. Menurut dr Elvioza, meskipun pengobatan mungkin tidak akan mengembalikan 100 persen penglihatan pasien, namun hal ini dapat mengurangi risiko penyakit bertambah buruk.

Selain segera cek ke dokter dan mengikuti pengobatan yang diberikan, dr Elvioza juga berpesan supaya pasien DME menjaga kadar gula darahnya tetap terkontrol. Jika gula darah tinggi, dampaknya akan terasa pada semua bagian tubuh termasuk mata. Akan terjadi peradangan yang berujung pada kerusakan pembuluh darah, sehingga mengakibatkan kebocoran semakin banyak.

"Penyakit ini sangat dipengaruhi oleh gula darah, semua pengobatan bisa gagal selama faktor risiko tidak dikendalikan. Prinsipnya melibatkan semua pihak, antara dokter, pasien dan keluarga," pesan dr Elvioza. (Sumber:detik.com)

Pencegahan ketegangan mata

Anda dapat membantu mencegah mata kering dan meminimalkan risiko mata lelah atau sakit saat membaca atau menggunakan komputer. Tips meliputi:
Ambil istirahat secara teratur.
Melihat-lihat benda-benda yang berada pada jarak yang berbeda.
Ingatlah untuk sering berkedip .
Jika ini tidak membantu, temui dokter mata untuk menemukan penyebab masalah. Perawatan mungkin termasuk tetes mata, olahraga atau kacamata.

Mata kabur pada malam hari

Alasan mengapa mata Anda mungkin menjadi kabur di malam hari dapat mencakup:
Anda lelah sehingga sistem visual Anda adalah lelah.
Anda memiliki kesalahan bias seperti rabun jauh atau astigmatisme. Pada siang hari, Anda mungkin dapat mengimbangi ini, tapi ketika mata Anda lelah, pandangan Anda bisa menjadi kabur.
Anda bisa terlihat agak pendek. Ini mungkin tidak mengganggu Anda dalam cahaya normal, tetapi Anda melihat itu pada tingkat cahaya rendah.
Air mata di depan mata Anda dapat mengering jika Anda lama disekitar pemanas dan AC sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan mata Anda untuk sedikit buram, tapi masih jelas ketika Anda berkedip.

WASPADA !!!! warna pudar dan tidak fokus pada penglihatan anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
 

Top